Monday 1 September 2014

8 Orang Indonesia Yang Populer Berkat Jejaring Sosial Media

Seperti yang kita ketahui bersama, orang Indonesia terkenal di dunia karena keeksisannya di dunia maya. Pada waktu Friendter pertama kali dirilis, orang Indonesialah yang menjadi pengguna terbanyak. Waktu Facebook dikenal, Indonesia pun menduduki peringkat pertama sebagai negara pengguna terbanyak akun jejaring sosmed (Sosial Media). Dan ketika Twitter merajai dunia, Indonesia berada di peringkat kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna terbanyak. Bahkan Indonesia mendapat predikat sebagai negara "paling berisik" di Twitter karena paling rajin menulis dan meng-update status di jejaring tersebut.

Sakin eksisnya, tidak heran justru banyak orang Indonesia yang juga meraih popularitas dari dunia tersebut. Siapa saja orang Indonesia yang terkenal berkat jejaring sosial media? Ini dia orangnya...


1. SINTA DAN JOJO
Nama lengkap kedua gadis cantik ini Sinta Nurmansyah (Sinta) dan Jovita Adityasari (Jojo). Sebelum populer di tahun 2010 silam, mereka hanyalah mahasiswi biasa dari sebuah perguruan tinggi di Bandung. Namun sejak menyanyikan lagu "Keong Racun" secara lipsync dan mengunggahnya di Youtube di tahun tersebut, nama keduanya langsung bersinar. Lagu yang mereka nyanyikan menjadi populer, begitu juga nama mereka. Bahkan lagu tersebut sempat ditonton hingga 2,1 juta orang. Sebuah prestasi yang luar biasa.

Sejak itu, nama mereka meroket dan dikenal publik. Namun bagaikan petasan yang hanya indah hanya dalam hitungan detik saja, demikian juga nama mereka. Kepopuleran mereka hanya sekejap. Dan kini nama mereka telah nyaris dilupakan publik.



2. UDIN SEDUNIA
Artis instan lain yang sukses berkat Youtube adalah Udin Majnun atau Udin Sedunia, atau bernama asli Sualudin. Berkat mengunduh lagu lucu dan beraksi gokil untuk lagu Udin Sedunia yang diciptakannya sendiri dan diunduh di Youtube beberapa tahun lalu, Udin Sedunia akhirnya dikenal publik. Namanya menjadi kerap muncul di televisi dan dirinya mendapatkan tawaran manggung di sana-sini.

Meski karirnya terbilang sangat cepat melejit sejak muncul di Youtube, namun cahaya keartisannya meredup dengan sangat cepat pula. Kini sudah tidak banyak orang yang terlalu perduli dengan pria Nusa Tenggara Barat ini.



3. BRIPTU NORMAN KAMARU
Tahun 2010, dunia maya kembali dihebohkan dengan munculnya seorang perwira polisi bernyanyi lipsync lagu Bollywood berjudul Chaiya Chaiya. Meski namanya tidak diketahui banyak orang saat pertama kali videonya diunduh, namun akhirnya publik mengenal dirinya sebagai Briptu Norman Kamaru.

Briptu Norman meraih kepopulerannya berkat gaya tari Chaiya Chaiya-nya yang unik serta gaya pura-pura menyanyinya yang terunduh di Youtube itu. Sejak itu, banyak orang yang meniru serta mengimprovisasi gaya tarinya itu. Sakin populernya tarian Chaiya-Chaiya, sempat ada beberapa even yang menggelar lomba menari Chaiya Chaiya secara berkelompok dan beramai-ramai.

Kepopuleran ini membuat Briptu Norman memutuskan untuk keluar dari kesatuannya dan menjadi masyarakat sipil agar bisa lebih fokus di dunia entertainmen. Meski sudah tidak banyak lagi muncul di televisi, Norman (tanpa embel-embel Briptu lagi) masih bekerja di dunia entertainmen, yaitu sebagai Produser band bernama Emonemo.



4. DINDA
Seorang pengguna jejaring sosial Path bernama "Dinda" pada bulan April 2014 silam sempat populer berkat "keluh-kesahnya" di sosial media Path. Bukan berisi hal yang menginsipirasi atau memotivasi namun berisi caci-maki kepada seorang ibu hamil setelah menolak memberikan tempat duduk kepada ibu terseut di kereta api. Tidak hanya mencaci, Dinda bahkan meminta sang ibu untuk keluar dari tempat kerjanya daripada menyusahkan banyak orang dengan kehamilannya tersebut.

Tidak pelak, curahan hati Dinda ini sontak mendapatkan respon yang luar biasa dari banyak orang. Berbagai kecaman, makian balik, serta hujatan melayang kepada Dinda. Bahkan kasus ini sempat menjadi bahan ledekan dan ejekan di layar kaca. Tidak lama setelah itu, Dinda - yang hingga hari ini tidak pernah diketahui identitas aslinya - menuliskan permintaan maafnya lewat akun Path-nya.



5. FLORENCE SIHOMBING
Yang paling anyar adalah Florence Sihombing.Mahasiswi S2 Kenotariatan UGM ini mendadak namanya menjadi sangat terkenal dan menjadi "orang yang paling dicari di Jogyakarta". Bukan lantaran prestasinya yang menjulang, namun gara-gara ulahnya yang kurang berkenan.

Tanggal 28 Agustus 2014 silam, di sebuah SPBU di Jogjakarta, saat terjadi antrian pembelian BBM, Florence yang waktu itu mengendarai motor tiba-tiba masuk ke SPBU khusus mobil dan memaksa untuk diisikan bensin. Karena ditolak oleh petugas SPBU dan disuruh mengantri, Florence naik pitam. Kekesalannya itu kemudian ditumpahkannya lewat jejaring sosial Path, yang mana berisi makiannya terhadap orang Jogyakarta yang dinilainya "miskin, tolol, dan tidak berbudaya". Kontan saja dalam waktu kurang dari 24 jam, ribuan orang berunjuk rasa memprotes dan meminta Florence menarik ucapannya serta meminta maaf kepada masyarakat Jogyakarta.

Tidak hanya itu, Florence terancam dipecat dan dikeluarkan dari institusi tempatnya kuliah saat ini, karena dinilai telah menjatuhkan nama baik sekolah tersebut. Florence sempat mengirimkan permintaan maafnya bagi warga Jogjakarta via jejaring sosial. Meski demikian, dia tetap dijerat hukum pidana dan menjalani hukuman penjara selama beberapa hari.



6. CHIKA
Sosok orang Indonesia paling fenomenal saat ini yang keberadaannya tidak pernah diketahui adalah Chika. Pada tahun 2007, beredar banyak foto syur di berbagai media dunia maya. Sedikitnya ada 500 foto yang mempertontonkan foto dari yang sopan hingga yang seronok dan "mengundang" mata pria untuk tidak hanya sekedar memandang. Semua foto itu menampilkan seorang gadis yang disebut dengan nama Chika.

Berkat foto-foto itulah, namanya menjadi sangat populer. Banyak orang mencari dan mengunduh foto-foto Chika yang tersebar di berbagai media informasi di internet. Tidak hanya itu, di jejaring sosial seperti Facebook pun sempat heboh dengan beredarnya banyak foto-foto Chika, sampai-sampai pemilik akun tersebut akhirnya di-blok oleh Facebook karena dianggap melanggar kode etik.

Siapakah sosok Chika tersebut? Hingga hari ini tidak seorang pun yang tahu. Yang diketahui orang adalah gadis tersebut "mungkin" berasal dari Bandung. Pernyataan ini muncul lantaran foto tersebut pertama kali diunggah di Bandung. Benarkah Chika berasal dari Bandung? Tidak ada fakta yang bisa membuktikan hal itu. Semua informasi yang saya peroleh, tidak dapat menjelaskan latar belakang dan siapa sebenarnya Chika. Belakangan diketahui bahwa nama "Chika" sendiri hanyalah nama panggilan dan bukan nama sebenarnya.



7. BATMAN BIN SUPARMAN
Berbeda dengan banyak orang yang "mempromosikan diri" mereka sendiri di sosmed guna terkenal, pria ini sama sekali tidak pernah melakukan hal seperti itu. Dia justru terkenal secara tidak sengaja gara-gara namanya yang unik. Dan dirinya sendiri tidak pernah mempopulerkan namanya sendiri, namun orang lain.

Berawal pada tahun 2008, saat pria ini - yang waktu itu telah menjadi warga negara Singapura - datang ke Malaysia dan paspornya di-scan di Imigrasi. Gaga-gara namanya yang unik dan lucu, lalu hasil scan itu diunduh ke jejaring Facebook. Sejak itulah nama Batman Bin Suparman menjadi sangat terkenal dan populer. Hasil scan tersebut telah di-copy dan disebarkan ke seluruh jejaring dan meda sosial dunia maya, menjadikannya seorang seleb yang sangat populer berkat namanya yang "tidak biasa". Bahkan ada orang yang dengan isengnya membuat akun Fans Club di Facebook. Akun tersebut hingga kini telah di-Like oleh lebih dari 15,000 orang.

Nama Batman Bin Suparman makin terkenal setelah dirinya pada bulan November 2013 silam ditahan petugas berwajib Singapura setelah terbukti menggunakan narkoba, melakukan pencurian, masuk ke rumah orang tanpa ijin, serta perampokan.



8. DAFFA ABYAN SOFA
Siapa yang tidak kenal anak berusia tiga tahun yang imut dan menggemaskan ini? Ya, sejak diikutsertakan oleh ibunya dalam sebuah kontes foto bayi lucu lewat Instagram, Daffa sontak menjadi seleb. Banyak orang yang langsung jatuh cinta saat melihat rangkaian foto Daffa yang menggemaskan. Kini di usianya yang telah menginjak 3 tahun, ibu Daffa masih rajin memfoto anaknya dalam bebagai pose yang cool, modis, dan menggemaskan.

Hingga hari ini Follower Daffa sudah menjapai 69 ribu orang. Berkat kepopulerannya di dunia maya, Daffa dan keluarganya jadi kerap diundang untuk mengisi acara di stasiun televisi. Meski pun Daffa terkenal sebagai anak yang modis, ibunya tidak pernah bersedia menerima sponsor maupun endorse yang ingin menggunakan anaknya sebagai model. Good Mom.... Love it.... ^_^



No comments:

Post a Comment