Thursday 24 July 2014

10 Lagu Indonesia Paling Misterius

Banyak lagu populer Indonesia yang ternyata memiliki cerita misterius di balik proses pembuatan dan saat lagunya diputar. Selain tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat, lagu tersebut juga membawa pengaruh yang aneh bagi penikmatnya. Lagu apa sajakah itu?

1.TAKDIR
Lagu ini dirilis tahun 2012 di Youtube. Banyak kabar mistis dan aneh seputar lagu ini. Selain keberadaan penyanyi dan pencipta lagu ini sangat misterius, beredar kabar bahwa lagu ini mampu mengubah perilaku siapapun yang mendengar lagu tersebut. Apabila didengar di tengah malam, apalagi dengan pikiran kosong, maka orang tersebut akan dapat dirasuki mahluk halus.

Jika didengar seksama, di awal lagu akan terdengar suara berdenging. Banyak orang melaporkan setelah mendengar suara itu, muncul gangguan mistis yang tidak dapat dijelaskan secara logis, seperti suara langkah kaki, ketukan pintu, bau kembang melati, dan lain-lain.

Tidak jelas siapa yang mengunduh lagu itu. Yang hanya diketahui hingga hari ini adalah lagu itu pertama kali diunduh oleh seseorang yang tinggal di Kota Pati, Jawa Tengah.


2.  MALAM SATU SURO
Lagu ini sebenarnya hanya ada di film Malam Satu Suro yang diperani Suzanna di tahun 1984 silam. Meski demikian, lagu yang berirama langgam Jawa ini masih sering diunduh dan didengar banyak orang. Walau keinginan mendengar lagu tersebut hanya didorong rasa penasaran, tapi terbukti lagu ini diyakini memiliki hawa mistis yang bisa mendatangkan arwah atau roh gentayangan.

Fakta yang lebih mengerikan perihal lagu ini adalah : di film tersebut, lagu ini dinyanyikan sendiri oleh Suzanna, yang dalam film itu berperan sebagai Sundel Bolong. Gimana ga seram tuh?


3. NINA BOBOK
Tidak banyak yang tahu kalau lagu untuk menidurkan anak-anak yang biasa dinyanyikan banyak orang punya sejarah menyeramkan. Dari cerita turun-temurun, lagu ini disebutkan sebagai lagu untuk menidurkan Helenina Mustika van Rodjnik, anak perempuan dari keluarga van Rodjnik (ibunya bernama Mustika, seorang penari pribumi, dan ayahnya bernama Van Rodjnik, seorang Kapten VOC). Keluarga Rodjnik sendiri diyakini pernah hidup dan tinggal di Batavia antara tahun 1871 - 1929.

Lagu Nina Bobok sendiri disebutkan diciptakan secara "tidak sengaja" oleh ibu Helenina pada tahun 1875, ketika anaknya tersebut mengalami sakit malaria setelah digigit nyamuk. Untuk menenangkan anaknya yang selalu merengek karena sakit, ibunya menyanyikan lagu ini. Helenina yang kala itu berusia 4 tahun akhirnya meninggal dunia karena terlambat mendapatkan pengobatan. Ibunya mengalami depresi kehilangan anaknya, menyanyikan lagu itu berulang-ulang tanpa henti, hingga pada akhirnya harus dibawa ke Belanda untuk menjalani perawatan kejiwaan di sana.

Banyak orang percaya, jika menyanyikan lagu Nina Bobok berulang-ulang, maka mereka akan dapat melihat seorang anak berusia 4 tahun berwajah pucat yang akan tiba-tiba muncul di hadapan orang yang menyanyikan lagu itu.

Legenda tentang lagu ini sudah diadaptasi menjadi film layar lebar yang ditayangkan tahun 2014, dengan diperani Revalina S. Temat.


4.SEPHIA
Lagu pop karya Eross yang dinyanyikan oleh grup musik Sheila on 7, meski tidak memiliki unsur mistis atau gaib yang bisa berakibat aneh pada pendengar dan penyanyinya, namun yang menjadi misteri adalah proses pembuatan lagu tersebut.

Konon, di tahun 1990 awal, saat Eros sedang membuat lagu, dia mendapatkan telepon dari seorang gadis bernama Sephia yang mengaku mendapatkan nomer telepon Eros dari sesama fans dan mengenal Eros dengan sangat baik. Penasaran dengan sosok Sephia, Eros pun mencoba mencari informasi mengenai gadis tersebut. Akhirnya dia menemukan fakta bahwa gadis yang meneleponi dia memang benar bernama Sephia, namun telah meninggal dua bulan yang lalu.


5.LINGSIR WENGI
Lagu ini terdapat dalam film Kuntilanak (2000) yang dibintangi Julie Estelle. Dalam film itu, lagu tersebut disebut sebagai lagu pemanggil Kuntilanak. Pembuatan lagu Lingsir Wengi ternyata bukan sembarangan guna keperluan film semata, tetapi dibuat dengan pakem tertentu yang disebut Durma. Durma adalah salah satu pakem kumpulan lagu Jawa (disebut Macapat).

Dalam tradisi langgam atau lagu Jawa Kuno, terdapat 11 pakem lagu yaitu : Dandhanggula, Mijil, Pocung, Megatruh, Gambuh, Sinom, Maskumambang, Pangkur, Durma, Asmarandana, dan Kinanthi. Pakem ini diduga telah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit, dan hingga kini masih sering digunakan. Masing-masing pakem memiliki aturan dalam penulisan syair, ketukan, dan cara nyanyi masing-masing, sesuai dengan fungsi dan kegunaan setiap pakem.

Pakem Durma biasanya dipakai untuk lagu-lagu ritual dan difungsikan untuk memanggil arwah.  Langgam berpakem Durma sebenarnya baru bisa berfungsi dengan baik apabila dinyanyikan dengan disertai ritual dan sesaji tertentu. Bagi orang yang paham budaya Jawa, mendengar lagu Lingsir Wengi di film tersebut, pasti segera menyadari bahwa lagu tersebut bukan lagu asal yang dibuat sebagai musik pengiring film. Ada tujuan lain yang sepertinya ingin ditunjukkan oleh sineas film tersebut. Apa tujuannya? Entahlah ....


6. JAUH
Lagu ini pernah populer di tahun 2007 dan sempat diklaim oleh beberapa pihak sebagai penciptanya. Terakhir, lagu ini dinyanyikan oleh Caramel Band dan berubah judul menjadi Tinggal Kenangan.

Dari cerita mulut ke mulut, muncul "legenda" yang mengatakan kalau lagu tersebut sebenarnya adalah ciptaan seorang gadis bernama Gaby. Lagu ini diciptakannya setelah ditinggal mati kekasihnya yang tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Gaby sendiri mati bunuh diri sesaat setelah menciptakan, menyanyikan, dan merekam lagu ini.

Hingga hari ini, belum diketahui apakah cerita itu memang benar. Namun pastinya, banyak laporan yang mengatakan bahwa siapapun yang mendengar lagu ini akan dihantui roh seorang gadis. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa apabila mendengar lagu ini dalam waktu lama, akan muncul dorongan aneh dalam dirinya untuk segera mengakhiri hidup.


7. KUKATAKAN DENGAN INDAH
Lagu yang dinyanyikan grup musik Peterpan yang terdapat di album keempat mereka (Untuk Sahabat Peterpan) ini dirilis tahun 2005. Lagu ini cukup populer di masa itu hingga hari ini. Dalam proses pembuatan lagu ini, ada rumor mistis yang beredar : Lagu tersebut direkam di studio tempat almarhumah penyanyi Nike Ardila juga pernah rekaman.

Diceritakan bahwa pada bagian di mana Ariel (vokalis Peterpan) menyanyikan bait "Kau hancurkan hatiku....", muncul suara perempuan yang ikut bernyanyi. Bagian itu telah beberapa kali dihapus dan di-retake, tetapi selalu muncul. Akhirnya bagian tersebut dibiarkan saja dan dirilis apa adanya.

Konon, pada saat konser, Ariel tidak pernah menyanyikan bagian tersebut dan selalu mengarahkan mike kepada para fans dan penonton untuk menyanyikannya.


8. KENANGAN TERINDAH
Lagu yang dibawakan oleh grup musik Samsons dan pernah populer di tahun 2003 ini juga merupakan lagu yang cukup populer. Meski demikian, sempat beredar rumor tidak sedap mengenai lagu ini. Kebenarannya sebenarnya masih dipertanyakan. Meski demikian, rumor itu sudah cukup merebak dan membuat banyak orang penasaran.

Menurut beberapa orang, apabila lagu tersebut didengar melalui kaset yang pitanya dibalik, maka akan terdengar suara-suara aneh yang menghujat Tuhan. Metode ini dikenal sebagai metode "black-mask messsage" yang dulu sempat populer di era 1980an di mana banyak grup musik luar negeri yang ditengarai menggunakan metode ini untuk menyampaikan pesan tersembunyi dalam lagunya kepada para pendengar. Biasanya pesan negatif yang disampaikan dengan metode ini, akan mempengaruhi alam bawah sadar si pendengar, sehingga mereka melakukan hal buruk sesuai dengan instruksi tersembunyi tersebut. Apakah ini juga berlaku pada lagu Samsons ini? Entahlah....


9.BONEKA ABDI
Banyak orang mengira kalau lagu anak-anak berbahasa Sunda ini adalah lagu daerah Jawa Barat. Padahal aslinya, lagu ini adalah lagu Jerman berjudul "Hanschen Klein". Dalam versi aslinya, lagu tersebut mengisahkan tentang seorang remaja yang berkelana meninggalkan orang tuanya, lalu kembali lagi ke kampung halamannya sebagai seorang pria dewasa yang telah berkeluarga.

Dalam versi Sunda, lagu ini sebenarnya hanyalah lagu anak-anak biasa yang sudah sangat umum dinyanyikan oleh anak-anak sejak masa penjajahan Belanda. Yang menjadi masalah adalah saat lagu ini digunakan dalam film horor berjudul Rumah Kentang (2001). Lagu Boneka Abdi dinyanyikan oleh seorang anak kecil dengan suara pelan dan diiringi dentingan piano dengan nada-nada minor yang pelan. Gara-gara film ini, beredar kabar kalau lagu ini merupakan lagu pemanggil Kuntilanak. Rumor mengatakan bahwa apabila seseorang menyanyikan lagu ini beberapa kali, maka Kuntilanak akan muncul di hadapannya. Belum ada orang yang mencoba, dan belum ada fakta bahwa rumor ini benar. Anda mau menjadi orang pertama yang mencobanya?


10. MENANTI KEKASIH
Bagi Anda yang lahir di era 1980-an, tentu kenal dengan penyanyi Alda Risma. Ya, dia adalah penyanyi cantik Indonesia yang sangat populer di masa itu lewat lagunya Aku Tak Biasa. Lagu itu sempat populer lagi beberapa tahun silam setelah dinyanyikan kembali oleh Syahrini.

Alda Risma meninggal karena overdosis obat-obatan terlarang, tidak lama setelah menjadi artis sukses. Banyak rumor merebak seputar kematian sang artis. Salah satunya adalah tentang lagu Menanti Kekasih yang merupakan lagu terakhir yang dinyanyikan Alda. Konon isi lagu ini adalah tentang luapan kekecewaan Alda pada kekasihnya yang diam-diam telah punya kekasih baru.

Banyak saksi mengatakan Alda ditemukan meninggal 3 hari pasca selesai merekam lagu tersebut. Padahal, dalam proses otopsi, para ahli forensik melaporkan Alda sudah meninggal 7 hari. Jika demikian, lalu siapa yang datang ke studio dan menyanyikan lagu tersebut?

Mungkin karena berita tidak sedap di balik proses pembuatan lagu tersebut, hingga hari ini belum ada orang yang berani menyanyi ulang lagu tersebut. Dan sepertinya lagu terakhir Alda Risma ini pun sudah mulai dilupakan banyak orang.




No comments:

Post a Comment